Kecamatan Parang, Salah Satu Desa di Selatan Kabupaten Magetan


Perkembangan zama membuat sebuah desa atau daerah pasti akan mengalami perubahan tak pelak desa tempat tinggal saya waktu kecil yaitu parang. Parang adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan.

Kecamatan Parang terbagi menjadi 13 bagian/kelurahan dimana lokasi parang sendiri berada di paling selatan Magetan berjarak kurang lebih 15km dari pusat kota tercinta. Di parang sendiri sudah memiliki fasilitas umum yang cukup diantaranya adanya kantor kecamatan itu sendiri yang berada di Jl.Blego raya berdampingan dengan polsek, koramil dan puskesmas parang dalam satu tatanan wilayah pelayanan publik di Parang. Untuk fasilitas publik lainnya seperti pasar parang juga mengalami pembahruan dimana pasar lawas yang kini menjadi taman garuda dipindahkan ke lapangan parang yang dulu kini menjadi pasar parang terbaru yang lebih luas, selain itu juga ada pasar hewan dan juga penunjang lainnya seperti keberadaan akomodasi antar desa yang ngetem di belakang pasar dan perempatan taman arum, pom bensin juga tersedia dan ini adalah satu-satunya di Parang.

Berikut batas wilayah Parang:

Utara Kecamatan Ngariboyo
Timur Kecamatan Kawedanan dan Kecamatan Lembeyan
Selatan Kabupaten Ponorogo
Barat Kecamatan Poncol dan Kabupaten Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah)

Untuk data kelurahan yang tersebar di 13 wilayah yaitu:
  1. Bungkuk
  2. Joketro
  3. Krajan
  4. Mategal
  5. Ngaglik
  6. Nglopang
  7. Ngunut
  8. Parang
  9. Pragak
  10. Sayutan
  11. Sundul
  12. Tamanarum
  13. Trosono
Kecamatan Parang memiliki luas wilayah 71,64 km² sampai saat ini parang sendiri memiliki beberapa destinasi wisata seperti Gunung Blego, Taman Sedang Widoro, Sejok, Gunung Bancak mungkin daftar wisata yang ada di Parang yang terus dikembangkan itu ia yang terbaru adalah keberadaan Parang hill namun belum ada pembukaan secara resmi dalam pembangunnya juga masih ada kontroversi.

Dalam akademik di kecamatan Parang sendiri sudah ada beberapa tempat menuntut ilmu dari jenjang Paud -sampai SMA namun untuk peguruan tinggi belum ada ia, semoga Kabupatem Magetan segera memilikinya. Berikut beberapa tempat sekolah yang ada di Kecamatan Parang:
  • SMA 1 Parang
  • SMP 1 Parang
  • SMP 2 Parang
  • SMP 3 Parang
  • SMK Ngepeh
Kalo untuk tingkat paud -SD saya sendiri kurang begitu faham heee, cukup yang tingkat SMP -SMA saja ia infonya yang alumni SMP 1 Parang tahun 2003 an bisa angkat tangan di komentar:D kita seangkatan.

Untuk layanan publik lainnya seperti tempat membeli kebutuhan pokok seperti Alfa dan Indomaret juga sudah tersedia untuk layanan publik perihal perbankan sementara ini ada Bank Jatim disisi selatan klegong ia dan Bank BRI yang ada di dekat terminal lama.

Sekian sharing dan curhatan kali ini, semoga info sedikit ini dapat membantu teman-teman dalam mencari informasi perihal kecamatan Parang wal khususon.

No comments for "Kecamatan Parang, Salah Satu Desa di Selatan Kabupaten Magetan"