Seiring berjalannnya waktu serta perkembangan Zaman, tak pelak perubahan terjadi di beberapa aktifitas dalam sebuah bisnis. Misalnya pemasaran, kalo dulu iklan tv top tapi sekarang mungkin berkurang bisa 50% bahkan bisa lebih. Kali ini saya akan bahas profesi digital marketing.
Sebelum membahas lebih jauh kita perlu tahu dulu apa sih Digital Marketing itu, kurang lebih pengertiannnya seperti ini , Digital Marketing adalah metode pemasaran yang memanfaatkan keberadaan media online, misalnya Website, Sosmed, Blog dll. Untuk kamu yang baru terjun di bidang ini maka hal dasar yang perlu kamu tahu adalah bagaimana membuat website, bagaimana mendatangkan user organic sosmed, bagaimana menulis dengan baik dan tentu disukai Google.
Berikut Ruang Lingkup Seorang Digital Marketing:
Seorang digital marketing harus tahu bagaimana cara membuat web terutama CMS WP, bisa pemograman menjadi nilai tambah
Setelah hal dasar yaitu pengetahuan tentang membuat/mengelola website langkah selanjutnya adalah bagaimana kita bisa membuat konten yang menarik.
Bisa WEB dan conten saja teryata belum cukup karena kita perang sesama pejuang receh disini kamu harus faham yang namanya SEO agar conten yang kita buat berada di page one
Setelah kamu familiar dengan web, conten dan SEO kamu juga harus tahu yang namanya sosmed. Sosmed berguna menarik user dan bisa juga memberi signal saat ada conten baru di web kita kelola
Ruang lingkup selanjutnya adalah kamu juga harus faham yang namanya digital ads baik fb, google, conten placement, banner, BL dll agar website kita kelola makin power fulll. Saat menjalankan iklan kamu akan ketemu yang namanya
Pirate Funnel atau
Customer Journey.
Untuk jenis pekerjaan ini memang harus pinter copywirting agar user yang sudah menjadi pelanggan atau yang belum bisa membeli produk yang kita jual dengan email marketing.
Sebelum kamu terjun di bidang Digital Marketing kamu harus memiliki SDM meliputi:
Data berguna untuk target user, kalo jualan yang biar gak melebar kemana-mana tepat sasaran akhirnya sales melejit
Design adalah hal penting yang harus kamu kuasai saat menjadi seorang Digital Marketing, akan tetapi ini gak usah jago2 juga gpp yang penting ngerti lah
Data ada, design kece maka seorang conten strategi harus tahu conten yang dibuat harus tepat sasaran sehingga apa yang dibuat tidak sia -sia bener-bener efektif
Copywriting yang bagus adalah bisa menjadi lead menjadi conversion, user bisa berlama-lama di webiste misalnya dan akhirnya membeli produk yang kita jual. Makanya copywriting ini harus bener2 bisa memikat user dengan sajian artikel maupun visual(vidio).
Agar tercipta komunikasi baik antar si pengusaha dan customer maka sosial media adalah chanel terbaik, memberikan konten yang edukatif akan berdampak baik untuk perusahaan.
Meningkat jangkauan dengan iklan google dan fb ads
Membaca data user
Menentukan arah selanjutnya
Profesi Digital Marketing meliputi:
- Copywriter
- Sosial Media Spesialist
- SEO Speacialist
- SEM
- Conten Marketing
- KOL
- Conten Writer
- Digital Ads
- dll
- Click Through Rate
- Impresions
- Reach
- Conversion
- Conversion Rate
- Cost
- New Follower
- CPC
- Click
- Lead
- Cost Per Result
- Engagement
Jika sudah membaca
metrik digital marketing, langkah selanjutnya adalah membangun Portofolio, Aspek apa saja yang perlu kamu terangkan:
Memberikan penjelasan secara lisan (dunia psikologis)
Seperti apa thema yang akan dijalankan, mengikuti trend
Penerapan SEO, SEM, SMO dll
Visual, Artikel, Popcast dll
FB,IG,Linked, YT dan Website
Google Analytic, Pixel, Insight IG, FB dll
Memberikan laporan perkembangan Website dan Sosmed
Sekian dan terima kasih
No comments for "Mengenal Lebih Profesi Digital Marketing"
Post a Comment