Metrik Digital Marketing, Pejuang Receh Wajib Baca

 

Image:@presfoto
Assalamulaikum Wr.Wb

Sebelum kita membahas perihal metrik digital marketing lebih dalam eh kagak dalam-dalam banget sih cuma setahu saya saja ia Broo. Pembahasan disini lebih ke Bisnis ia Broo (Paid) kalo kita melakukan beberapa evaluasi dari metrik yang kita akan bahas dan menerapkan dengan baik, maka perfom iklan kita akan bagus.

Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang konten SEO apa saja yang perlu  terapkan agar artikel kita nongol di page one. Kalo dalam pembahasan kali ini lebih ke Paid jadi gak begitu mikirin SEO -SEO an karena seo sudah di atur sama Mbah tinggal riset saja kita apa yang akan kita target. Sebelum melangkah ke hal tersebut tentu kamu juga harus tahu apa itu riset keyword, Google Ads dll agar nanti kita bisa tahu bagaimana menjalankan campain yang benar. Setelah kamu faham mungkin kata-kata dibahasan kali ini erat banget dengan yang namanya digital marketing, apa saja sih itu.

Berikut beberapa metrik digital marketing yang perlu kamu tahu, agar bisa mengolah data lebih keren dan  kece:

  • CPC
CPC adalah Cost Per Clik atau bisa disebut dengan perhitungan biaya rata-rata yang kita keluarkan untuk setiap iklan yang di klik user. Contoh kasus 10.000/10 artinya biaya perklik ia Rp.1000. Kalo CPC kita sebagai Publisher Indonesia(blogger) rata-rata nilanya 270 -1500/kliknya ini pengalaman tapi ada beberapa blog bule tapi jarang update pernah mendaptkan klik keren 37k dari US.
  • CTR
CTR adalah Clik Through Rate atau rasio klik tayang artinya dari konten yang tayang berapa sih jumlah kliknya, disini kita bisa lihat. Contoh kasus 10/10.000 artinya dari tayang 10.000 ada yang klik cuma 10
  • Reach
Reach adalah Jangkauan definisi lebih luas bisa dibilang jumlah pelanggan/visitor yang dapat kita jangkau, disini hitunganya bersifat unik. Unik disini artinya user yang klik dan baca kemana mana tetap dihitung satu, beda sama dengan Impresi.
  • Bounce Rate
Bounce Rate adalah rasio pentalan artinya pengunjung tidak begitu tertarik hanya klik saja akhirnya tercipta bounce rate jelek kalo dalam data blogger. Kalo iklan lebih ke rasio antara pengguna yang tidak melakukan interaksi dengan seluruh pengguna. Visitor bias kalo dalam penelitian :P .

Dalam kasus ini bisa kita baca misalnya ada 1.000 visitor atas iklan yang kita buat dan di Bounce Rate menunjukkan 30% maka kita bisa definisikan 300 visitor kita kabur tanpa melakukan hal yang kece di web. Makanya kalo web (dodolan) kita memliki Bounce tinggi ada hal yang kurang tepat buat Iklannya
  • CVR
CVR adalah Conversion Rate artinya rasio antara Click/Visit/Impresions dengan jumlah Conversion. Contohnya gini 10/100=0.1=10% artinya setiap 100 klik kita mendapatkan 10 pembeli
  • CPL
CPL adalah Cost Per Lead artinya kita bisa tahu biaya yang kita keluarkan untuk setiap orang yang yang mampir blog (leads). Contoh 10000/10=1.000 artinya setiap 10 prospek kamu menghabiskan dana 10.000
  • CPConv
CPConv adalah COst Per Conversions artinya perhitungan biaya yang kita keluarkan untuk setiap transaksi. Contoh 10.000/10=1.000. Disini artinya kita setiap kamu mendapatkan customer berjumlah 10 orang maka biaya yang kita keluarkan sebanyak Rp.10.000
  • Impressions
Impression adalah jumlah iklan tayang dalam kampaye kita dan disini hitungan gak sesuai unik. Jadi 1 user bisa lihat konten banyak misalnya user baca 1 artikel kurang puas klik artikel lain padahal satu user.  Dalam kasus ini user(visitor) bisa baca artikel banyak namun dihitung sesuai mana yang dibaca misalnya di baca 3 ia laporannya di hitung 3 di Impressions ini, kali iklan kita kena 3 dalam satu hari padahal satu user ia dibaca 3 x. Faham :p 
  • Lead
Lead adalah user yang sudah datang di blog kita dan ini bisa dikatakan user yang prospek karena sudah tertarik dari konten yang kita buat. Dan ingat lead disini bukan user yang sudah melakukan transaksi di web kita namun hanya prospek untuk menuju situ. Sudah baca ia tentang Customer Journey yang saya tulis beberapa waktu lalu.
  • Conversion
Conversions adalah lebih di pahami bagaimana kita bisa membuat yang tadinya sudah mampir ke blog (leads) melakukan transaksi (revenue) . Kasus disini kita bisa tahu berapa ROI yang kita dapatkan dan kedepan bisa kita buat custom atau keperluan lain.

Sebagai digital marketing kamu harus tahu hal-hal diatas agar kampanye yang dijalankan hasilnya bagaimana dan tindakan apa yang kita ambil. Ok Broo, pembahasan perihal Metrik Digital Marketing sampai disini, jika kamu ada pertanyaan atau kritik atas tulisan jelek ini silahkan koment ia, Yuk belajar bareng namanya saya baru setahun belakangan belajar hal ini, karena buat nalangin biaya maintenance Blog yang cukup besar. Hoby harus jalan terus bagaimana triknya iaaa bisnis:D . Jelek amat ia hoby ngeblog wkwkwkkwk gak ada hoby lain apa iaa.

No comments for "Metrik Digital Marketing, Pejuang Receh Wajib Baca"