Belajar Mengenai Pirate Funnel (Customer Journey)

Dalam dunia Marketing banyak teknik yang bisa kita terapkan untuk mendatangkan calon pembeli dari iklan, menjalankan SEO, SEM atau buat konten di YT. Dalam proses tersebut kamu sudah dalam lingkup yang namanya funnel.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang pirate funnel, langsung saja ia broo bisa lihat gambar dibawah ini:

Kita jelaskan satu persatu dari kategori diatas:

Awareness: Langkah kita saat penerapan pembuatan funnel dari mulai iklan di FB, Google atau tanpa iklan dengan membuat konten yang unik atau penerapan SEO dll dan akhirnya calon pembeli tahu porduk yang kita jual, namun disini masih bingung si calon pembeli mau belinya bagaimana. 

Acquisition: Langkah berikut ini adalah si calon pembeli sudah mulai kepencut atas iklan yang kita jalankan akhirnya mampir ke funnel (web, WA, Message dll) yang kita buat, walau hanya sekedar mampir.

Activation: Langkah ini adalah ketika si calon pembeli sudah benar-benar tertarik dengan mengecek harga produk, bandingin harga, manfaat produk dll dan akhirnya melakukan action seperti klik button ''beli sekarang'' di web walau belum sampai TF tapi kan data sudah masuk ke sistem.

Retention: Usaha kita untuk mempertahankan calon pembeli tadi agar tetap membeli produk kita atau bisa digambarin calon pembeli yang bolak balik ke funnel kita tapi masih agak ragu-ragu, ini seperti retargeting iklan, dari pada kita cari custumer baru mending mempertahankan pelanggan lama kalo dalam jualan.

Revenue: Kalo ini sudah pasti pada tahu kan ia, calon pembeli tadi sudah TF ke rekening kita artinya dari penyampain lewat funnel tadi dan akhirnya sampai ke tahap ini , alhmdllh ada yang beli 

Referrall: Disini pembeli tadi tidak segan-segan memberikan ulasan yang positif dari produk kita bahkan kadang ada yang jual lagi .

Ternyata proses beli barang cukup lumayan panjang ia brooo, Agar lebih enak belajarnya perihal pirate funnel ini kita kasih contoh misalnya seorang pendaki mau beli tas untuk summit yaitu daypack misalnya.

Anggap namanya bejooo, bejo tinggal di Magetan umpamanya ia akhirnya si bejo serch tuh misalnya toko outdoor di magetan dan akhirnya si bejo dapat beberapa link di halaman pertama akhirnya klik deh salah satu link tersebut dan dibawa deh ke halaman web kemudian bejo baca-baca artikel tersebut atau toko onlin tersebut dan akhirnya melakuakan transaksi dari bayar- kirim barang -sampai ke tangan Bejo. Karena barang bagus akhirnya bejo kasih reveiw deh kepada penjual.


Dari cerita diatas kita bisa buat alurnya seperti ini:
  1. Bejo ingin cari daypack 
  2. kemudian serch toko terdekat tempat tinggalnya
  3. Dari hasil serching dapat beberapa info di google (Awareness)
  4. Melakukan tindakan klik laman web (Acquisition)
  5. Melakukan introgasi alias baca-baca produk tersebut (Activation)
  6. Akhirnya setelah melakukan perbadingan sana-sini beli di web tersebut (Activation 2)
  7. Transaksi (TF) ke penjual (Revenue )
  8. Barang datang dan kasih testimoni (Referrall)
Kurang lebih gambaran seperti itu ia Broo  sebuah proses dari orang yang melakukan perjalanan mencari barang yang akan dibeli disebut juga dengan custumer journey. Jadi sudah faham apa itu pirate funnel broo? pirate funnel itu yang proses dari Bejo tersebut.  Bagi kita penjual harus tanggap akan calon pembeli agar tak kabur, langkah untuk tetap kece sebagai penjual harus melakukan beberapa action di produk kita terutama web jualan kita, seperti:
  • Produk mudah ditemukan (Web, Fb,IG,Twitter, YT, SEO dll)
  • Percantik Fitur Layanan misalnya web ada button WA dll
  • Website fast, fitur pembayaran banyak misalnya bisa pakai gopay, COd dll, dapat di pantau pengirimanya, notif email dll
  • CS Fast respon
Demikian cerita kali ini semoga bermanfaat ia Brooo, udah ngantuk .

No comments for "Belajar Mengenai Pirate Funnel (Customer Journey)"