Penjualan
Hallo Sob,
Dalam dunia marketing pasti tidak jauh yang namanya atau tujuan akhirnya adalah berapa omset atau berapa penjualan ada kuartal pertama atau berapa penjualan bulan ini atau bahkan bagi UMKM pasti teliti sampai penjualan perhari berapa.
Disini ane mau bahas sedikit saja perihal penjualan dalam bauran pemasaran atau sering disebut sekarang dengan istilah 7P. Apa sih penjualan itu menurut Mulyadi (2016) menyatakan bahwa “Penjualan adalah suatu kegiatan yang terdiri dari transaksi penjualan barang atau jasa, secara kredit maupun tunai” jadi disini kita jualan dan ada barang atau ada jasa dan terjadi transaksi dimana metode pembayaran bisa cash atau kredit ia.
Dalam penjualan ada beberapa item yang perlu kita fahami untuk menunjang elemen ini, indikator apa saja yang terdapat dalam penjualan yaitu diantaranya adalah:
- Modal
- Kondisi Pasar
- Kemampuan Penjual
Nah untuk pembahasan ini ada beberapa item pendukung dalam penjualan yaitu Modal, Kondisi Pasar, Kemampuan Penjual dan . Dari indikator diatas mari kita jelaskan sedikit apa saja itu modal, kondisi pasar , kemampuan penjual.
- Modal
Menurut ahli ekonomi modal adalah kekayaan perusahaan yang dapat digunakan untuk kegiatan produksi selanjutnya. Sedangkan Menurut Syam (2014:16) Modal adalah suatu hak yang tersisa atas aktivitas suatu lembaga (entity) setelah dikurangi kewajibannya. Dari pengertian ini dimana modal memang menjadi kewajiban seorang pengusaha untuk memulai usaha dari produksi, pemasaran, Operasional, SDM dlll ini adalah modal awal dalam menjalankan sebuah usaha. Jika semua kewajiban itu bisa terpeuhinya artinya modal sudah cukup untuk menjalankan usaha.
- Kondisi Pasar
Menurut Mankiw (2007) pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk dan para penjual sebagai kelompok yang menentukan penawaran terhadap produk (Zayinul Fata, 2010).
Pasar dalam pengertian teori ekonomi adalah suatu situasi dimana pembeli (konsumen) dan penjual (produsen dan pedagang) melakukan transaksi setelah kedua pihak telah mengambil kata sepakat tentang harga terhadap sejumlah (kuantitas) barang dengan kuantitas tertentu yang mejadi objek transaksi. Dalam kategori ini kita sebagai pengusaha selain menjual kita juga wajib tahu kondisi sekitar dimana barang atau produk kita memang laku di lokasi tersebut.
- Kemampuan Penjual
Penjualan menurut Basu Swasta (2001:1) dalam bukunya Manajemen Penjualan edisi ketiga, yaitu “Menjual adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang dan jasa yang ditawarkan”. Disini SDM yang dimiliki perusahaan harus mumpuni dan tahu akan market. Penggunaan platfom dari mulai SEM, SEO, Sosmed juga wajib tahu.
Demikian ulasan sedikit perihal Penjualan, pada intinya semua saling berkaitan mulai dari modal, kondisi pasar dan kemampuan penjual agar usaha kita jalan dan tentu mendapatkan omset dan profit yang bagus.
No comments for "Penjualan"
Post a Comment