Bauran Pemasaran

 


Dalam menjalankan sebuah usaha tentu kita wajib tahu beberapa teknik untuk mengenalkan produk atau jasa kita. Dalam hal ini bauran pemasaran sangat kental dengan dunia bisnis, bauran pemasaran atau disebut juga dengan marketing mix.

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah sebuah langkah perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran. Dalam marketing mix dikenal dengan istilah 4p ( E. Jerome McCarthy)  yaitu produk, price, place dan promotion akan tetapi sekarang berubah menjadi 7p (Bernard H. Booms dan  Mary J. Bitner) dari ketujuh variabel itu meliputi (product,price, place, promotion, process, People dan Physical Evidence (bukti Fisik).

Dari sini yuk kita sharing dari 7 variabel yang ada di mulai dari :

  • Produk
Sebelum kita usaha tentu kita yang pertama harus menentukan produk, produk disini adalah sesuatu yang dijual dalam bisnis atau perusahaan. Baik itu barang maupun jasa yang memiliki nilai guna serta yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Dalam menentukan jual apa kamu wajib melihat sekitar atau secara luar marketnya yang mana kamu harus bisa menjawab kebutuhan mereka dan ini artinya produk kamu kemungkinan besar akan laku di pasaran. 
  • Harga
Setelah kamu tahu produk ada yang akan kamu jual selanjutnya adalah menentukan harga, disini harga merupakan sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa yang dijual. Dalam menentukan harga tentu kamu harus kaji dari produksi produk kamu dan bisa melihat dari kompetitor.
  • Lokasi
Untuk menentukan lokasi sebenarnya banyak aspek yang harus kita pelajari, akan tetapi kalo tidak mau riset bisa tinjau saja brand ternama seperti MC. , Al.a, INDO.ARET dll . Lokasi atau tempat adalah lokasi untuk melakukan proses jual beli produk baik barang maupun jasa. Bagi yang jualan konvsional pemilihan tempat memang harus benar-benar mateng.
  • Promosi
Selanjutnya dalah promosi dimana ini adalah paling penting dalam menjalankan sebuah usaha. Promosi adalah supaya konsumen lebih mengenal serta merasa tertarik untuk mencoba membeli produk. Baik itu produk berupa barang maupun jasa. Dalam melakukan kegiatan promosi kita sebagai pengusaha harus memberikan persepsi ang positif terhadapa konsumen dan tentu kita berharap produk kita akan mendapatkan dampak yang positif juga dan hasil dari promosi yang sudah kita buat akan memberikan pengaruh yang sinifikan terhadap penjualan. Ada banyak media yang bisa kita manfaat zaman sekarang dari SEO, SEM, Facebook Ads, Tiktok Ads, Google Adss dll. 
  • Proses
Variabel selanjutnya adalah proses yang mana proses ini merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme, serta hal-hal rutin lainnya. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen. Proses disini sangat penting karena langsung berhubungan dengan konsumen. Dalam proses ini ada beberapa indikator yang perlu kamu fahami yaitu frekuensi proses, ketaatan terhadap jadwal, dan ketaatan terhadap ketentuan/standar. 
  • Orang
Selanjutnya adalah human atau manusia atau orang dimana aspek orang dalam marketing mix adalah seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Jadi untuk aspek ini perlu kamu perhatikan betul misal orang yang kerja di dalam usaha kita, karena setiap orang memiliki kateristik berbeda tentunya makanya kamu harus benar2 menentukan orang yang pas dalam bisnis yang dijalankan.
  • Bukti Fisik
Untuk variabel terakhir adalah Physical Evidence/Bukti Fisik merupakan semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis. Untuk bisnis skala besar, sudah pasti semakin banyak membutuhkan perangkat. Selain itu akan semakin kompleks pula fungsi serta penggunaannya. 

Dari 7 konsep diatas setiap variabel memiliki indikator -indikator yang harus juga kita fahami agar bisnis kita berjalan dengan rapi. Sampai sini dulu nanti kita bahas indikator dari 7 konsep diatas. 

No comments for "Bauran Pemasaran"