Produk

Dalam dunia bisnis tentu sebelum kita munculkan suatu ide bisnis harus mengurus legalitas terlebih dahulu terutama merek. Kenapa demikian? karena sekarang ini kan lagi buming sengketa merek jadi tidak salah kalo kita daftarkan dulu merek sebelum usaha.

Setelah merek proses pendaftaran selesai bisa merencanakan maping produk kita, dimana produk disini ada beberapa indikator yang bisa kita jabarin. 

Produk sendiri meliputi:

  • Keragaman Produk
  • Design
  • Kemasan
  • Garansi
Keragaman Produk

Pertama adalah keragaman produk merupakan kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli. Keragaman produk terdiri dari kelengkapan produk dan barang yang dijual, macam merek yang dijual, variasi ukuran barang yang dijual, ketersediaan produk yang dijual (Kotler: 2007). Berartidisini kita sudah memenuhi cara usaha yang tepat karena keragaman produk ini tercantum merek.  Misal kita jualan kue disini keragaman produk itu termasuk seperti kue blackforest, Bika singkon, kue lapis dll, ukuran kue juga termasuk dari keragaman produk. Kalo kedepan usaha jalan ddan ingin mendaftakan BPOM dan Pirt lebih mudah karena kita tahu keragaman produk yang kita jual, disini kalo daftar BPOM nanti setiap variasi atau keragaman produk akan diberikan penjelasan bahan apa yang terdapat dalam produk tersebut dan semua proses juga ditanya, maka dari itu perlu banget ini tahu produk yang kita jual dari alur proses setiap varian biar tim auditor bisa lebih mudah untuk ngaudit produk kita dan berjalan lancar tanpa hambatan.

Design

Menurut Bruce Nussbaum, desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis. Desain disini memang lebih ke pembantu yang mana pada awal membuat sebuah produk tentu butuh desain dan nantinya jika produk berkembang peran desain sangat vital dari keragaman produk, kemasan akan ikut disini jadi design flesibel sesuai dengan pengertiaannya.

Kemasan

Menurut Kotler adalah proses kemasan melibatkan kegiatan mendesain dan memproduksi, fungsi utama dari kemasan sendiri yaitu untuk melindungi produk agar produk tetap terjaga kwalitasnya.  Dari pengertian ini secara umum bahwa produk harus memiliki kemasan yang menarik memberikan informasi yang tepat dan tentu pemilihan bahan yang bagus akan memberikan dampak positif terhadap produk yang kita jual. Makanya kemasan itu faktof luar yang paling dilihat calon buyer, kemasan elegan dan memiliki design menarik tentu banyak orang yang ingin melihat dan ini sudah masuk menarik customer datang ke produk kita dan tentu dibarengin dengan produk yang sesuai kebutuhan user dijamin prouduk kita laku.


Garansi

Definisi garansi menurut Fandy Tjiptono  menyatakan, garansi atau jaminan istimewa dirancang untuk meringankan kerugian pelanggan, dalam hal pelanggan tidak puas dengan suatu produk atau jasa yang telah dibayarnya. Artinya kita menjual produk tentu memberikan kepercayaan terhadap customer dengan memberikan gransi terhadap produk yang kita jual artinya customer bisa merasa lebih nyaman misal barangnya salah kirim bisa diganti atau salah ukuran atau salah rasa dll. Dari garansi ini tentu customer merasa punya perlindungan atas produk yang dibeli.

Jadi produk yang kita ciptakan seengaknya harus memenuhi beberapa indikator yang sudah dijelaskan diatas dimana produk harus ada keragaman produk, design yang unik, kemasan yang bagus dan produk kita ada garansi tentunya. Jika produk sudah memenuhi persyaratan diatas sudah bisa dibilang produk kita sudah layak untuk di pasarkan. Produk ini masuk dalam bauran pemasaran jika kita belajar perihal dunia marketing.

No comments for "Produk"