Dalam menjalankan sebuah usaha tentu erat kaitnya dengan yang namanya promosi, hal ini berguna untuk mengenalkan produk yang kita jual. Dalam promosi sendiri ada beberapa kategori yang perlu kita tahu.
Promosi adalah supaya konsumen lebih mengenal serta merasa tertarik untuk mencoba membeli produk. Baik itu produk berupa barang maupun jasa. Dalam melakukan kegiatan promosi kita sebagai pengusaha harus memberikan persepsi yang positif terhadap konsumen dan tentu kita berharap produk kita akan mendapatkan dampak yang positif juga dan hasil dari promosi yang sudah kita buat akan memberikan pengaruh yang sinifikan terhadap penjualan. Ada banyak media yang bisa kita manfaat zaman sekarang dari SEO, SEM, Facebook Ads, Tiktok Ads, Google Adss dll.
Dalam menerapkan promosi berikut beberapa yang perlu kita fahami seperti periklanan, personal selling,publisitas dan direct mail. Beberapa kategori atau varibel tersebut kita harus faham sebelum kita terjun ke yang namanya promosi.
Periklanan adalah komunikasi non individu dengan sejumlah biaya melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, serta individu-individu. Di sini, pihak sponsor berusaha menyebarluaskan berita kepada masyarakat. Berita inilah yang disebut iklan atau advertensing. Jadi periklanan berbeda dengan iklan. Periklanan adalah prosesnya, sedangkan iklan adalah beritanya. Tujuan periklanan yang utama adalah menjual atau meningkatkan penjualan barang atau jasa.
Adapun tujuan-tujuan lain dari periklanan adalah :
Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain.
Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu.
Mengadakan hubungan dengan para penyalur.
Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.
Personal selling adalah interaksi antara individu. Saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain (Basu, 1993). Dalam personal selling terjadi interaksi langsung saling bertemu muka antara pembeli dengan penjual serta komunikasi yang dilakukan kedua belah pihak bersifat individual dan dua arah sehingga penjual dapat langsung memperolah tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan kesukaan pembeli. Penyampaian berita atau percakapan yang mereka lakukan sangat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan situasi yang ada. Contohnya saat kamu melakukan transaksi di pasar.
Publisitas merupakan bagian fungsi yang lebih luas. Disebut juga hubungan masyarakat dan meliputi usaha-usaha untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang menguntungkan antara organisasi dengan masyarakat, disamping juga calon pembeli.
Hampir sama dengan periklanan, publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tapi berupa berita (Basu, 1993).
Direct mail atau disebut juga pos langsung atau surat langsung merupakan salah satu dari media periklanan yang berupa kartu pos, buku kecil, surat edaran, brosur dan lain sebagainya yang dikirimkan oleh perusahaan pengiklan kepada calon pembeli.
Promosi penjulan merupakan kegiatan promosi selain periklanan, personal selling, maupun publisitas. Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan antara lain peragaan, pertunjukan dan pameran, demonstrasi dan sebagainya. Kegiatan promosi penjualan lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap saat dengan biaya yang tersedia dan dimana saja.
No comments for "Promosi"
Post a Comment