Search Engine Marketing (SEM) Cara Mudah Naikin Omset Jualan Kamu

Image:@roserodionova

Dahulu memang kekuatan sebuah SEO kece badai namun karena makin kesini perang tidak karuan si mbah juga gak mau kalah dengan menambahkan sematan ads di serp baik head maupun footer yang diberi nama SEM.

SEM adalah search engin marketing beda tipis sama SEO, kalo SEM bayar kalo SEO gratis sama sama pengen di page one namun kalo SEM pasti page one tergantung duitnya :D. Kedua teknik ini sebenarnya tujuanya sama yaitu nyari trafik yang potensial sesuai dengan target market, namun kalo tahun sekarang mah sudah penuh dengan SEM atas bawah samping penggila SEO mrongos apalagi merk-merk tertentu sudah di kuasai marketplace terutama Sh..Pe.

Buat kamu yang sudah mapan bisnisnya pasti sudah tahu SEM kan ia kalo masih meraba-raba tentu mau gunain SEM takut haaa, ane aja cuma habisin bonus 450k habis itu udah :D dan itupun settingnya juga berkali-kali baru di aprove pihak Google beda cerita kalo FB Ads enak setting dikit kurang dari 5 menit tayang. Buat kamu yang ingin mencoba SEM tentu harus punya acount Gmail tentunya nanti daftar di Google ads dasbordnya kayak ini


Untuk menjalankan SEM caranya juga tidak jauh beda sama SEO namun kita bisa langsung riset di dasbord google Ads keywordnya. Kalo kemarin-kemarin SEM itu terkenal dengan Google Adword kalo sekarang sudah berubah Google Ads. Jika kamu menjalankan teknik SEM ini tentu banyak banget manfaatnya untuk kelangsungan bisnis kamu broo, kalo user sedang mencari sesuatu dan ketemu iklan kita tentu ini adalah nilai yang lengit artinya konversinya atas iklan yang dijalankan dengan SEM berjalan dengan baik tinggal lead yang kita buat ditambahi copywriting yang klepek2 dan tujuan terahirnya adalah penjualan :D. Untuk lebih mengerti detail serta jelas perbedaan SEO dan SEM bisa dilihat di bawah ini ia broo

Dari keyword yang saya ketik (sepatu running) diatas dimana laman pertama (page one) itu disebut SEM dan halaman kedua adalah SEO, jadi sampai sini sudah faham ia genk:p kalo gak faham sini minum kopi bareng biar makin ngejreng melek'annya.

SEM itu sendiri merupakan penggerak konversi yang bagus buat semua jenis kampanye yang ingin kamu jalankan. Mengapa demikian? Itu karena iklan yang berbayar biasanya ditautkan (link) ke landing page dengan tujuan konversi yang memang sudah jelas semacam penjualan sepatu sesuai dengan keyword diatas ia brooo. Dengan begitu, ada suatu proses mulai dari iklan berbayar (ads) hingga pengguna internet klik dan sampailah ke sebuah halaman website (lead) yang menyediakan sarana transaksi. Jadi, kamu juga bisa menyadari bahwa google ads (SEM) yang dipasang biasanya lebih cocok untuk tujuan konversi akhir. Walau iklan yang kamu jalankan tidak diklik oleh user secara tidak langsung teknik SEM itu meningkatkan brand awarness, jadi orang makin tahu website kamu loh bisa-bisa nanti tanpa jalanin iklan orang ketik langsung nama webnya, jadi kalo sudah sampai sini berarti web kamu sudah Ok maroke brooo.

Kemudian kamu bertanya bagaimana cara menjalankan pemasaran dengan SEM? seperti yang sudah kita singgung diatas, awalnya adalah dengan cara membuat account gmail kemudian daftar di google ads resit keyword sesuai dengan jualan kamu buat teknik marketing bagus mulai dari kata-katanya penempatan keyword, design gambar atau vido dll baru deh tentuin anggaran biaya yang kamu pengen misal sebulan 1 jt, namun kalo danany kecil jangan harap banyak ia terjadi konversi yang cakep, menitik dari keyword incaran dan pesaing juga diperhatikan kalo banyak pesaing alias berat main yang long tail saja asal jualan laku.

Dari penjelasan diatas mungkin sudah terbuka ia SEM itu kayak apa, menariknya SEM itu tidak terpengaruh oleh update Algo si mbah kalo kamu ngadalin SEO pasti tiap 6 bulan sekali was-was harus rombak atau ikutin gaya algo saat itu kalo SEM itu semua lenyap tidak berpengaruh sama sekali, lagi-lagi karena bayar:p kalo SEO kan Fluktuasi artinya tidak pasti di page one harus kamu bersaing dengan ribuan orang , masalahnya kalo belum ngerti SEO lagi tambah amburadull deh mending SEM pasti-pasti saja namun ia itu kamu harus menyisihkan duit yang cukup.

Udah sampai sini saja ia broo,  semua iklan yang kita jalankan (SEM/SEO) bisa di analisis dengan alat. Kalo SEO kan bisa pakai Google Analitik kalo SEM ia dasboard sudah ada kalo kurang bisa nambah kayak Semrush. SEM seperti fb Ads kamu bisa targeting lokasi, usia, hoby dkk

No comments for "Search Engine Marketing (SEM) Cara Mudah Naikin Omset Jualan Kamu"