Cara Instal dan Pakai Google Hangouts Meet di Komputer Plus HP

Image: @ake1150sb
Cara Instal dan Pakai Google Hangouts Meet di Komputer Plus Handphone cukup mudah namun jika kamu sebagai admin cukup menguras waktu, mengapa? nanti kita jelasin secara pelan-pelan saja ia brooo.

Semenjak adanya wabah corona meeting atau rapat online makin genjar tak banyak dari perusahaan, akademik, perorangan bahkan imers juga mencari cara untuk tetap produktif dan berjalan semua aktifitasnya artinya bekerja dengan cara remote atau kerja di rumah alias work from home disingkat WFH. Sebenarnya kerja di rumah itu kalo menurut versi ane ribet apalagi kalo sudah punya buntut apalagi masih kecil dibawah 5 tahun plus ada 2 widih ampunn kagak bakal bisa mah kerja di rumah adanya kerja di rusuhin wkkwkwk. Namun ada berkahnya WFH itu bisa terus sama keluarga tercinta dan tentunya tidak capek harus ke kantor pagi-pagi ia. Untuk itu ane mau sharing perihal bagaimana cara untuk tetap produktif saat kita bekerja dirumah dengan menggunakan google hangouts meet atau google meet .

Bagaimana cara kerja Google Hangouts Meet? seperti versi yang viral yang dipakai perusahaan vintech kita yang ada di Indonesia khususnya dengan memakai sebuah app teleconferen yaitu ZOOM kurang lebih sama namun untuk google meet ini sebenarnya premium alias berbayar loh iaaa namun karena adanya pandemik covid-19 google memberikan gratis sampai dengan 1 Juli 2020 nanti bisa dilihat saat kamu masuk google meet ia tapi saat kita mau daftar ada keterangan coba gratis 14 hari:D . Perbadingan google dan Zoom, dimana kalo ZOOM kan gratis ia namun fiturnya maksimal 4 jam melakukan vidio conference beda dengan google meet sampai laptop atau HP kamu panas :D. Hangouts Meet atau google meet ini bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferesi, Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100.000 penonton dengan satu domain. Cara memulai rapat menggunakan Hangouts Meet yaitu terintegrasi dengan G Suite dan hanya pemilik akun G Suite saja yang bisa mengadakan rapat online di Hangouts Meet. G Suite pun menawarkan uji coba gratis selama 14 hari seperti tadi ane ulas diatas kamu bisa langsung menuu linknya berikut https://meet.google.com/.

Dengan adanya google meet ini tentu rapat secara online lebih dipermudah dan dapat dilakukan dimana saja dengan perangkat komputer maupun smartphone, para pengguna juga bisa akses melalui app android maupun ios (App Hangouts Meetdan juga beragam browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Safari.

Berikut langkah -langkah memulai Kerja atau menggunakan Google Hangouts Meet:

  • Kemudian akan diarahkan untuk memilih paket dengan jumlah karyawan berapa 

  • Mengirisi data diri kita mulai dari nama depan, nama belakang serta email kamu brooo pastikan enaknya pakai gmail saja

  • Selanjutnya akan diarahkan kesini kalo sudah punya domain centang i have a domain ia broo

  • Lanjutkan dengan mengirisi domain yang kamu punya

  • Lanjutkan dengan domain yang kita puny adan klik next

  • Setelah itu kamu akan diarahkan kesini yaitu pembuatan email dan paswordd g-suite

  • Lanjutkan dengan email yang sudah dibuat sebelumnya

  • Menambahkan orang

  • Setalah tadi sudah tahap awal yaitu punya domain - creat email - tambah email dan sekarang adalah meverifikasi domain kita , dimana google disini hanya ingin tahu bahwa domain yang kita daftarakan diawal apa benar punya kamu brooo, cara verifikasi ada banya bisa lewat tag meta, atau uplod di hosting atau lewat DNS

Verifikasi domain via DNS seperti dibawah ini, caranya dalah dengan add new record piliha tab TXT, kemudian paste kodenya di kolom yang tersedia ia 




Setelah verifikasi dan pembutan TXT selesai lanjut dengan membuat MX record caranya sama dengan add new record namun pilih tab mx reord disini kamu akan disarankan membuat sekitar 5 MX record ia 

Step by step MX Record:
Dari menu drop-down Type, pilih MX.
Pada kolom Nama/Host/Alias, masukkan @ atau biarkan kosong.
Pada kolom Server/Server Email/Nilai/Jawaban/Tujuan , masukkan ASPMX.L.GOOGLE.COM..
Di kolom Priority, masukkan 1.
Pada kolom Time to Live (TTL), masukkan 3600 atau gunakan nilai default.
Klik Simpan.
Ikuti langkah yang sama tersebut untuk menambahkan data MX yang diperlihatkan di tabel ini. Mulai dari bagian atas tabel dan masukkan sebanyak mungkin sesuai kapasitas yang ada.
ALAMAT SERVER MX       PRIORITAS
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.   5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.   5
ALT3.ASPMX.L.GOOGLE.COM.   10
ALT4.ASPMX.L.GOOGLE.COM.   10
Catatan: Setiap email ditujukan bagi server email Gmail. Kami menyediakan beberapa server email untuk mengantisipasi jika salah satu server tidak dapat bekerja. Beberapa host juga mewajibkan nama server diakhiri dengan tanda titik.


  • Done Untuk versi Komputer atau lapto iaaa settinya
  • Untuk versi handphone cukup instal Hangouts Meet di play store or apple store nanti kamu bisa menuggu invit dari g-suite admin via email or kode.
Cara Menggunakan Google Meet setelah kita set up:

  • Kemudian kita Klik icon bergabung atau mulai rapat

  • Kemudian Klik Lanjutkan dan akan di arahkan kesini

  • Kemudian akan di arahakn kesini

  • Kemudian bisa invir via email

  • Cara persentasi di Google meet bisa langsung klik menu dibawah pojok kanan ia yaitu persentasi sekarang nanti akan ada dua pilihan menu antara lain seluruh layar anda dan jendel silahkan pilih yang disukai setelah itu akan di arahkan ke menu berikut seperti gambar selanjutnya ia broo

  • Disini jangan sampai tidak di klik ia pstikan di klik sampai warna biru menyala dan klik share



  • Ini buka PPT dari rekan google meet

  • Done bisa mulai vidio call dan persentasi 
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang lagi mencari informasi tentang Cara Instal dan Pakai Google Hangouts Meet di Komputer Plus Handphone, sebenarnya mudah kalo teliti . Semoga WFH makin produktif ngeh brooo

No comments for "Cara Instal dan Pakai Google Hangouts Meet di Komputer Plus HP"