Alat Marketing Yang Dibutuhkan Saat Bisnis Online



Peradaban kian hari kian berubah kalo kita bisa beradaptasi maka akan susah menjadi orang yang bermatbat di dunia fana ini, dulu kita kuliah ia naik angkot atau bawa motor kalo orang lebih bawa mobil namun diera sekarang semua itu tidak perlu dipermudah dengan adanya daring online seperti Grab dan Gojek kita tinggal klik klak klik dijemput dan dianter enak kan iaa.

Akan tetapi dari perkembangan itu sadar tidak sadar peran manusia lambat tahun akan digantikan dengan AI (Artificial Intelligence) bahasa indonesia kecerdesan buatan seperti APP gojek dan Grab tersebut, apalah di bidang keuangan hampir semua sudah melakukan penerapan teknologi AI. Untuk itu di perkembangan zama era 4.0 bentar lagi juga 5.0 kita harus benar-benar bisa beradapsi dimana kesempatan seperti berjualan secara online harus kita terapkan atau jalanin agar financial kita tetap aman tidak tergerus oleh aktifitas yang hanya di rumah saja bisa pesen makanan, barang yang diinginkan dkk

Untuk mendukung dalam berbisnia online tentu ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan agar dagangan yang kita jual secara online laku, apa saja sih alat marketing yang dibutuhkan dalam terjun bisnis Online dan tentunya teknik marketing juga harus dikusai, Berikut kira-kira yang dapat ane sharing kali ini mungkin temen2 lebih jago tapi intinya kita saling tukar pikiran biar makin jago bareng-bareng :D


  • Website
Hal pertama kita ulas adalah website, tentu kalo kita terjun ke bisnis online sebuah keberadaan webiste sangat penting karena branding bisa dimunculkan disini dan juga semua transaksi juga jatuhnya disini. Untuk membuat website dalam ini e-commer yang perlu kamu perhatikan adalah nama domain, hosting dan thema web baru kemudian konten, konten disini bisa sebuah artikel atau pernak-pernik produk kita.

Dalam sebuah website tentu juga ada pernak-perniknya dari strategi digital konten, tolls dkk misalnya membuat konten dengan SEO friendly agar keyword tertentu dapat di bidik dengan baik menuju laman web kita dan data yang masuk diweb kita dapat dioleh dengan baik (Big Data) misalnya menggunakan Webmaster/bing.

  • SEMRush/Ahrefs/Google Trends untuk Menentukan Keyword
Jika visual brand dan media sosial sudah terurus, inilah waktunya untuk mulai membangun website bisnis yang bisa kamu mulai dengan membeli paket cloud hosting plus domain terlebih dulu. Setelah itu, kamu baru bisa menggunakan ketiga website di atas untuk menentukan kata kunci bisnismu. Mulailah dengan mengklik masing-masing website melalui heading di atas. Selain untuk menyediakan informasi yang berguna untuk audiens, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness jika website-mu berhasil menduduki peringkat di halaman pertama mesin pencari Google.

  • Canva untuk Membangun Visual Brand
Saat ingin memulai suatu bisnis, bangunlah identitas brand-mu terlebih dulu dengan menentukan nama brand dan maknanya, visi-misi, logo hingga detail-detail seperti font, atau vibe yang ingin kamu tunjukkan melalui brand-mu. Oleh karena itu, Canva sudah menyiapkan lebih dari 50 ribu template yang bisa kamu pakai secara gratis untuk mendesain tampilan brand milikmu. Mulai dari paket logo dan font, poster, kartu nama, brosur, flyer, template untuk daftar menu, serta berbagai gambar yang bisa kamu pilih dalam beragam ukuran untuk media sosial bila kamu memiliki uang lebih bisa membeli template vidio PPT banyak yang jual untuk meningkatkan brand image produk yang dijual.

  • Google Ads/FB Ads
Untuk hal ini memang butuh skil selangkah dari seorang imers karena jika sudah terjun ke Iklan tentu dampak yang terjadi kedepan bakal bagaimana harus tahu, makanya sebelum terjun iklan di google ads dan fb ads harus belajar lebih dulu kategori ini. Untuk iklan di google ads ada dua macam bisa nembah keyword namnya SEM 9serch engine marketing) jadi orang yang mencari kita nanti nonggol di page one di head ,fouter dan samping biasanya seperti lama blog saja. Untuk tipe kedua adalah GDN,  GDN (Google Display Network) menyediakan slot untuk menaruh banner atau poster di website yang relevan dengan bisnismu, meskipun kamu harus bisa menyediakan banner/poster dalam berbagai ukuran agar dapat dipajang di situs yang kamu tuju. Sekarang pembahasan untuk Fb ads kurang lebih sama dengan google ads namun kita harus bisa milah taarget sesuai dengan produk yang kita jual misalnya menjual kosmetik maka targetnya tentu wanita donk dengan range usia misalnya 20-40 th dll

  • Google Analitik/ Pixel
Setelah memperlengkapi website dan membuat iklan tentu data kita olah dengan pemanfaatan yang namanya google analitik dan pixel ini, semua iklan yang kita jalanin bisa dibaca disini. Intinya tingkah laku calon custumer disini kita harus padai membaca data dan membuat mereka tertarik terhadap produk kita.

  • Hootsuite untuk Mengelola Media Sosial
Fitur pada website ini bisa kamu gunakan untuk mengorganisir media sosial bisnismu, baik untuk unggahan, respon dari pengikut media sosial, atau pelanggan dari berbagai platform media sosial yang kamu gunakan untuk memasarkan bisnis. Jika bisnismu tidak melibatkan banyak akun media sosial dalam platform yang sama, kamu bisa memilih paket Professional yang hanya dibandrol Rp 400 ribu per bulan. Tapi, jika bisnismu adalah agensi yang mengurus media sosial milik klien, gunakan paket Team, Business, atau Enterprise dengan harga mulai dari Rp 1,8 juta per bulan.

Alternatif: jika Hootsuite masih terbilang mahal untuk menyeimbangkan budget bisnismu, kamu bisa menggunakan Buffer. Tidak jauh berbeda dengan Hootsuite, Buffer juga menawarkan layanan yang sama, tapi dengan harga yang lebih bersahabat, karena mereka memberikan daftar harga sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mulai menggunakan paket Pro dengan harga Rp 200 ribuan, atau paket Premium dan Business yang dibandrol mulai Rp 900 ribu.

  • Email Marketing Tools: MailChimp/GetResponse/SendinBlue
Ketika kamu sudah mulai mengunggah beberapa konten terkait bisnismu ke website, pastikan calon audiensmu mendapat informasi ini. Kamu bisa menggunakan email marketing tools dari tiga sumber pada heading. Email merupakan cara pendekatan yang paling personal, oleh karena itu, buatlah konten dan bahasa email yang friendly dan tidak kaku sehingga penerima email merasa bahwa produkmu adalah sesuatu yang mereka butuhkan.

Mungkin tolols diatas kurang lebih sebagai alat perang saat kita terjun dodolan online tinggal kita perlu tahu bagaimana cara penggunaannya serta teknik personal seperti apa, hasil setiap individu tentu berdeda. Semoga info sedikit ini berguna bagi teman-teman yang akan terjun bisnis online. Selamat jualan online 


No comments for "Alat Marketing Yang Dibutuhkan Saat Bisnis Online"