Cara Upload File Website Ke Hosting Memakai File Manager dan FTP Client

Assalamulaikum Wr.Wb.

Ketika kita ngeblog dan memiliki kemauan yang kuat akan dunia bloging kadang-kadang seorang blogger rela membuat beberapa blog baik yang mandiri maupun numpang. Kadang kala karena jenuh atau apa sebagai blogger kita juga sering pindah layanan hosting dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk pindah tentu sebagai blogger pemula kadang-kadang kita bingung bagaimana file lama di hosting lama untuk mengupload file website hosting baru. Kali ini ane mau sedikit sharing perihal bagaimana cara mengupload file website lama ke hosting baru menggunakan file manager dan FTP Client.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah order hosting baru dilayanan baru yang kamu incaar kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan file back up hosting lama. Kalo sudah kedua hal tersebutnya langkah selanjutnya tentunya kita masuk ke Cpanel dan kemudian kita menuju ke menu File Manager - Public HTML - Upload -Select File - Extra - Done

Kamu bisa lihat gambar di Bawah ini:

Langkah pertama adalah klik menu File Manager seperti gambar dibawah
Selanjutnya adalah pilih file Publik_html klik saja nanti disini file back up website akan ditaruh

Setelah klik file Publik_html kamu bisa pilih menuh upload diatas header Cpnel, bisa lihat gambar dibawah ini si sob
Silahkan pilih file yang akan di upload

File upload berhasil 

Setelah file back up konten blog lama sudah terupload kamu klik file tersebut kemudian klik kana dan pilih menu extra, cek gambar di bawah ia sob

Dipastikan file terupload sudah berada di tempatnya yaitu publik-html

Jika semua benar file yang kita extra menjadi seperti dibawah ini:


Cara kedua dengan menggunakan FTP Client:

Beberapa blogger kadang-kadang lebih sering menggunaan FTP klien, seperti Filezilla, SmartFTP, CoreFTP atau FTP klien lainnya untuk mengupload file back up website. Disini ane mau memberikan pakai cara FTP Client Filezilla saja, silakan download dan instal terlebih dahulu di sini.

Setelah FileZilla terpasang, silakan buka dan masukkan detail koneksi FTP yang kamu meiliki ia sob seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Untuk detail FTP, Host = IP server hosting awakmu, username = username cPanel, password = password cPanel, port = 21.
Setelah FTP berhasil terkoneksi ke server, silakan klik direktori website yang kamu miliki, pada contoh ini direktori wordpress. Setelah itu buka direktori tujuan, disini adalah public_html. Kemudian blok semua file website yang ada di kolom kiri bawah, lalu drag ke kolom sebelah kanan bawah. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Kamu dapat mengunggah file yang dikompres melalui FTP serta drag dari kolom sebelah kiri ke kolom sebelah kanan. Setelah itu kamu perlu mengekstrak melalui File Manager, caranya seperti pada Langkah 1menggunakan File Manager.

File website Anda saat ini sudah berhasil diupload ke direktori public_html dan sudah dapat diakses melalui browser. Untuk memastikannya silakan akses nama domain yang kamu miliki.

Saat ini kamu telah mengetahui cara upload website ke hosting melalui file manager dan FTP Client. Seperti yang kamu baca diatas ia sob, kamu dapat mengunggah banyak file melalui FTP dalam satu kali upload, meskipun ada beberapa file yang perlu diunggah satu per satu. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan kompresi terlebih dahulu apabila tidak dapat mengunggah banyak file dalam sekali upload. File manager cukup berguna untuk mengunggah satu atau dua file secara cepat, karena kamu tidak memerlukan program terpisah untuk File Manager. Selain itu juga kamu dapat melakukan update pada website melalui cPanel. Smeoga informasi ini dapat membantu bagi sobat blogger yang ingin melakukan regenerasi blog ke layanan terbaru atau mau pindah nama domain ke domain baru dengan cara upload file website ke hosting baru.

No comments for "Cara Upload File Website Ke Hosting Memakai File Manager dan FTP Client"