Cara Back Up Database Blog Wordpress, Jangan Sampai Blogmu Hilang!



Assalamulaikum Wr.Wb.

Curhat bosku , kali ini menimpa diriku yang tidak begitu enak yaitu kena problem dengan database hilang di webiste CMS Wordpress sumpah nyesek buanget pakai polll. Kejadian ini baru saja kemarin terjadi di tanggal 4 Maret 2019 dimana sebelumnya pada pada tanggal 05 Maret blog masih bisa diakses dengan konten utuh dan anehnya pagi pukul 08.30 kurang lebih ane di kasih tahu user bahwasannya blog ane tidak bisa diakses karena blog ini cukup bagus Seonya perhari kurang 10-12k visitor.

Dari pemberitahuan ini saya langsung cek sendiri dan bremmmm memang bener blog tidak bisa akses alias ada keterangan 404 semua lama baik home maupun kategori, tidak menunggu lama saya akses cpanel saya dan bener public_html kosong ? pertanyaan saya kok bisa ia? padahal dua minggu belakangan juga tidak pernah akses cpanel hanya lewat dasboard saja, saya coba kontak CS penyedia hosting dan jawabanya mencengangkan katanya ane menghapus? lah kok aneh ia padahal kita loh gak bisa akses cpanel dua mingguan belakangan , chat demi chat berlanjut dan akhirnya blog bisa dipulihkan namun ada yang aneh dengan tampilanya semua versi blog WP lama, dan yang membuat saya super kesel adalah blog ini juga dijadikan jualan ane dan beberapa addon domain disini dan ternyata juga hilang widiihhh pusing sampai gak laper2 sampai malam gara2 ini.

Tas kejadian ini yang bisa kita ambil adalah hikmahnya broo, akan tetapi saya juga punya cadangan back up di tahun lalu namun konten untuk jan-maret 2019 lenyap sudah  .. dengan modal back up database tahun lalu saya coba restore saja walau konten awal tahun sampai maret hilang diiklaskan saja nyesek sih tapi mau gimana sekitar 300an konten cuy kalo beli 4000k loh ini . mulai hari ini semua blog yang berbasis WP saya back up mingguan biar gak nyesek kayak gini , kalo dulu2 memang seingat aja back up tapi yang sering 3 bulan sekali sih , ini adalah pelajaran buat ane pribadi dan buat bro yang main blog berbasis wp lakukan back up berkala paling tidak 1 minggu sekali apalagi kalo blog sampean updatenya cukup banyak perhari sangat disarankan back up.

Cara back up cukup mudah masuk cpanel cari menu back up wizard nanti disitu akan ada back up full udah klik saja nanti ke dowload di homet cpanel atau bisa dowload di menu wizard tergantung sampean enak yang mana, back up juga bisa lewat phpmyadmin klik saja tiap user databasenya lalu klik export jika ada addon domain otomatis cukup banyak user database semua klik saja lalu export.

Cukup disini saja curhatnya, jika ada yang pengen tahu layanan dimana pokoknya hosting paling laris belakangan ini .. resiko share hosting begini brooo .. 


No comments for "Cara Back Up Database Blog Wordpress, Jangan Sampai Blogmu Hilang!"