Cara Mengurus STNK Hilang (Sepeda Motor)

Hallo Broo,



Cara Mengurus STNK Hilang - Dalam berkendara di alam Dunia :D perlu yang namanya alat safety riding dan bagi kamu yang suka piknik naik motor juga harus tahu apa saja barang yang akan dibawah saat piknik naik motor (Baca), kali ini ane mau shareng perihal point pertama yaitu safety riding akan tetapi buka berkendara akan tetapi dokumen safety riding yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika kamu berkendara wajib hukumnya bawa STNK dan bagaimana jika STNK kamu hilang? mau tahu cara mengurus STNK hilang?  ane coba share pengalaman pribadi bagaimana cara mengurus STNK hilang masih anget sabtu kemaren ane mengurus.

Cara mengurus STNK hilang hal yang pertama kita lakukan adalah membuat ''Surat Keterangan Hilang'' dimana buatnya?  di POLSEK? atau di POLRES?  mulai sekarang pembuatan surta keterangan hilang itu wajib di POLRES jadi POLSEK sudah tidak bisa melayani hal ini ,POLSEK hanya melayani pembuatan SKCK(Baca).

Dokumen pesyaratan pembuatan surat keteranga STNK hilang di POLSEK yaitu:
  • BPKB (Asli+Copy)
  • STNK (Copy)
  • KTP (Asli+Copy)
  • KK (copy)
Dokumen diatas wajib hukumnya jika kamu ingin mengurus surat keterangan hilang STNK, bagaimana jika fotocopy STNK tidak ada? kamu harus minta surat keterangan dari Dealer pembelian sepeda motor kamu. Belum tahu POLRES? POLRES adalah kesatuan komando Kepolisian Republik Indonesia di daerah Kabupaten/Kota. Kebetulan ane tinggal di kawasan Jaktim jadi kita ngurusnya di POLRES Jaktim dibawah ini lokasi POLRES Jaktim:



POLRES Jaktim agak ribet nyarinya karena ane baru pertama kesini jadi mungkin riweh lokasinya pas puteran yang mau ke ST.Jatinegara jika dari Kp.Melayu kiri jalan jika dari Matraman berarti kamu pela saja pas puteran Jatinera  lihat kiri jalan pas banget dekat Pasar Jatinegara dan parkirnya diluar atau bisa parkir di Kantor Pos dekat POLRES Jaktim.


Terus biaya pembuatan surat keterangan hilang itu berapa? disini sebenaranya gratis ia broo karena kita kehilangan kok jadi kamu tidak usah membayar jika kamu berniat baik memberikan rezeki kepada Pak Polisi monggo tidak ada yang memaksa.

Setelah kita mendapatkan ''Surat Keterangan Hilang'' dari POLRES langkah selanjutnya kita ngegas ke SAMSAT lokasi penerbitan STNK , tahu SAMSAT? pasti gak tahu :D SAMSAT  kepanjangan dari sistem administrasi manunggal satu atap berkat ane kamu sekarang tahu arti dari SAMSAT :D berjasa berarti kan ane bisa ngsih tahu kalian :D bercanda ia Broo ini hanya selingan.


Tahu tidak sebelum kamu menuju SAMSAT kamu harus cek NOPOL kendaraan kamu loh ia jangan asal lari ke SAMSAT tanpa mengecek Nopol kendaraan kamu, ingat bahwasanya untuk mengurus STNK hilang kamu harus ke tempat STNK diterbitkan, begini loh ia contohnya, jika Nopol kendaraan kamu berawal S itu berarti kendaraan kamu di terbitkan di Jakarta Selatan (B 7789 SZK) jika di Nopol kendaraan kamu setelag nomor kendaraa berawalan B kamu harus ke Jakarta Barat ( B 7790 BGT), sudah mengerti akan perihal ini? jika sudah monggo kamu ngegas ke SAMSAT terkait dengan penerbitan Sepda motor kamu dan kebetulan ane plat JAKSEL jadi ane lari ke Komdak, tidak tahu Komdak? ane kasih link mapingnya dibawah ini:




Eit tunggu ia Broo sebelum kamu ngegas ke SAMSAT kamu harus siapin dokumen untuk mengurus STNK hilang diantaranya:

  • BPKB (Asli+Copy)
  • STNK (Copy)
  • KTP (Asli+Copy)
  • KK (copy)
  • Surat Keterang Hilang dari POLRES
Setelah dokumen diatas kamu siapkan baru ngegas ke SAMSAT terkait, eit lupa ane kamu harus bawa kendaraan yang STNKnya hilang ia Broo karena disini motor kamu yang STNKnya hilang akan dicek Fisik apakah cocok dengan STNK dari warna, nomor rangka, mesin dll. Jadi kamu jangan sampai bawa motor tetangga ntr dilabrak :D 


Langka mengurus STNK Hilang (Sepeda Motor)

  • Cek Fisik 
Cek fisik ini kalo di Komdak kamu masuk saja kawasan SAMSAT Komdak nanti ikuti jalurnya saja berada paling ujung masuk dan ikutin saja nanti akan sampai di cek fisik kendaraan, untuk biaya kemarin ane dimintain 10k, cuma pas ngurus motor Scorpio ane tahun lalu grentong, mungkin beda orang ia Broo jadi ikutin saja kita bayar 10k heee. Setelah proses cek fisik selesai kamu akan dikasih berkas hasil cek fisik dari Bapak yang sudah menggesek bodi dan mesin (Nomor) kamu gabungkan berkasnya dari persyaratan yang sudah kamu siapkan tadi jadi satu lalu serahkan ke loket cek fisik nanti kamu akan dapat nomor antrian dan sabar menanti hasil dari semua cek fisik kendaraan kamu.
  • Salinan Pajak
Proses ini cuma daftar saja sebelum kamu ke TU mungkin dicek kendaraan kita apakah sudah bayar pajak atau belum untuk proses sangat cepat karena hanya cek saja.
  • TU
Nah ini adalah proses paling lama kamu harus mengisi formulir yang diberikan pihak loket di TU jika sudah kamu isi kamu berikan laku berkas persyaratan pengurusan STNK hilang dan berkas cek fisik ke loket TU ini dan kebetulan ane ngurusnya sabtu jadi disuruh pulang dulu dan Senin suruh datang ke SAMSAT lagi jam 11.00. Proses disini mungkin pengecekan data2 kendaraan, sudah bayar pajak atau belum, motor di blokir atau tidak dll intinya data disini mah.


Taraa senin , mengantri di loket TU dan berkas sudah diterima kita akan lari ke Proses selanjutnya yaitu ke loket di Lantai 2 kebtulan TU di lt.1 ia broo jika di Komdak.
  • BBN (Biaya Balik Nama)
Disini kita menyerahkan dokumen yang kita terima dari loket TU, cek dan ricek jika sudah bayar  maka kamu hanya bayar biaya penerbitan STNK sebesar 100k kemaren ane ia heee bayarnya di kasir samping loket BBN.
  • Kasir
Bayar penerbitan STNK hilang sebesar 100k
  • Mengambil SNTK baru
Nah mungkin dari rentekan diatas masalah bagaimana cara megurus STNK hilang bisa jadi bahan ancang-ancang buat kamu jika mau mengurus STNK hilang pada kendaraan kamu, eitt tapi jangan sampai hilang ia Brooo ribettnya luar biasa dan yang utama adalah Waktu, waktu adalah Family jadi jangan sampai SNTK kamu hilang cukup ane saja dan semoga ini yang terakhir STNK hilang jangan lagi-lagi deh nyerah antrri dan antrii bikin puyeng.


Tabel Biaya STNK Hilang:

No Biaya Keterangan
1 10k (Gratis) Surat Keterangan Hilang
2 10k  Cek Fisik
3 50k TU
4 100k BBN
170k


Ok, begitu saja cerita dan pengalaman tentang mengurus STNK hilang, Keep Safety Ride salam Scorpio , melibas indahnya negeri dengan busi kiri ciee elaahh yang punya motor Yamaha Scorpio.


1 comment for "Cara Mengurus STNK Hilang (Sepeda Motor)"

  1. Ktpnya apa harus sesuai yang di bpkb gan? Kalo sepeda tua ga ada fc stnk gimana ya urus surat keteranganya dari dealer?

    ReplyDelete

Post a Comment