Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Malware

Hallo Broo,

Terjun dalam dunia blogging khususnya ada juga kendala yang menghandang misalnya terkena virus dan ini terjadi pada salah satu Blog yang ane kelola dimana mendapatkan peringatan dari webmaster yang mana dan bahwasanya blog tersebut kena hacking atau malware.

Bagaimana cara untuk mengatasi blog yang terkana malware? langkah pertama adalah kita segera login ke dasboar disini ane yang kena malware kebetulan CMS WP langsung ane login dan mengganti paswordnya dan scan pakai plugin anti malware and virus ada banyak plugin tapi ane gunain yang bayar, untuk proses scan di dasboar WP butuh waktu 5 jam Vrohh dengan database cuma tidak sampai 1k artikelnya , untuk langkah selanjutnya adalah membuag sampah yang ane terka yaitu pendaftaran member ane buang semua dari tahun 2013 -2017 sudah tercatat 3,4k member register akan tetapi mulai puasa kemaren seperti aneh visitor dari Prancis , malware ini ane kira- kira dari sini kemungkinan besaranya karena setelah ane hapus user member visitor dari prancis seperti boot bisa login sendiri di area member dan IP sama, kasihan udah ane off in membernya :D 

Langkah selanjutnya adalah lari ke Cpanel dengan melakukan scan lagi agar tuntas di dasboard dan layanan hosting biar malware benar- benar musnah, scan di cpanel hanya butuh hitungan menit. Setelah kita scan via dasabord CMS WP dan Cpanel dan sudah hapus thema, plugin yang mencurigakan kita akan masuk ke Webmaster untuk summit Riview agar blog kita tidak ada tulisan seperti di bawah ini:

Contoh di atas ketika blog kita terkena malware dan jika kita sudah terdaftar di webmaster otomatis google akan memberitahukan bahwa blog kita terkana malware dan langkah yang kita lakukan adalah ulasan sedikit ane di atas.

Untuk summit ke webmaster tinggal kita masuk email atau webmaster toll dan klik Reaquet Riview dan berikan kata-kata bahwa blog kita sudah aman dari malware kemudian summit nanti google akan mereview blog kita dalam 1-3 hari kerja, dalam kasus ini blog ane selesai 2 hari setelah summit riview dan visitornya lumayan turunya.

Malware pada blog ini terjadi karena 2 faktod dari yang pertama tadi yaitu member atau komen spam dan yang kedua adalah PC kita sudah terjankit virus dan waktu kita uplaod virusnya ikut nimbrung jadi Google mendeteksi malware di blog kita.

Mungkin segitu saja sharing x ini, Salam dari Blogger Magetan

No comments for "Cara Mengatasi Blog Yang Terkena Malware "