Cara Bayar Pajak 5 Tahunan dan Balik Nama BPKB Sepeda Motor

Hallo bro
Pada tanggal 16 Juli ane melakukan pembayaran pajak motor matic ane dimana motor tersebut sudah waktunya ganti plat alias pajak 5 Tahunan bersamaan dengan itu ane juga melakukan perubahan nama pemilik sepeda motor alias balik nama Bpkb.

Pagi buta tepat pukul 06.30 ane sudah siap untuk gas menuju samsat jakarta selatan sedangkan ane berada di cibubur lumayan pegel naik matic dari cibubur ke samsat, tuas gas mulai ane plintir dengan mengikuti arah jalan menuju Komdak menit berjalan dan akhirnya pada pukul 07.20 ane sudah sampai di komdak, tidak bosa basi ane langsung menuju tempat gesek rangka dan mesin sepeda motor yang ada di samping gedung samsat jaksel.

Pukul 07.20 di samsat terjadi sudah banyak yang mengantri untuk menggesek mesin dan rangka sepeda motor tapi alhmdllh ane masuk dalam 10 besar antrian heee padahal ini belum buka loh para petugas gesek rangka mesin sepeda motor kita-kita sudah nongkrong dimanari.

Sambil menunggu para petugas datang dan buka kantor samsat mari kita siapkan persyaratan untuk membayar pajak 5 tahunan dan balik nama BPKB motor.
Berkas yang harus disiapkan antara lain:
BPKB
STNK
KTP
Setelah persyartan diatas  kita tinggal tunggu petugas samsat membuka kantor untuk mengambil formulir, pada pukul 07.34 ternyata sudah buka biasanya buka jam 08.00 alhmdllh lebih cepat , yak buang waktu ane langsung menuju loket formulir untuk mengambil formulir dan kertas gesek. Setelah kita peroleh formulir dan kertas geseknkita kasih abangnya kertas gesek yang kita dapat untuk proses penggesekan rangka dan nomer mesin motor kita.

Proses penggesekan selesai waktunya kita menyerahkan hasil gesekan ke petugas selanjuynya yaitu bagian legalisir.

Saatnya kita menunggu, kondisi saat ane menunggu hasil gesek dan legelisir di samsat jaksel;
Proses gesek dan legalisir selesai , saatnya kita menuju tempat fotokopi untuk fotokopi berkas yang sudah kita proses.
Berkas yang di fotokopi meliputi:
Stnk
Bpkb
Ktp
Kwitansi bermaterai 6000
Hasil gesek dan legalisir.
Saatnya kita melanjutkan proses berikutnya yaitu menuju loket pergantian nama dan pajak 5 tahunan yang berada di lantai 2 samsat jaksel.

Loket paling ujung ia pojok sendiri, kita menyerahkan hasil fotokopi abangnya ke bapak loket pendaftaran nanti kita dapat formulir lagi disini, kita isi sesuai pentunjuk.
Setelah kita isi formulir kita berikan lagi kepada bapak loket yang tadi kita minta formulir, setelah di berikan nanti kita dapat bukti berupa lembaran kertas kecil untuk datang lagi ke samsat.
Untuk proses hari ini cukup sampai disini dan jam menunjukkan pukul 9.20 , akhirnya tahap awal selesai juga ane langsung meluncur pulang kandang untuk istirahat dan ane dapat bukti proses pajak 5 tahunan agar kembali lagi pd tgl 19 juli 2016 tepatnya hari selasa.
19/7/16
Pagi tiba teringat bahwa hari ini adalah meneruskan pajak motor langsung bergegas berngkat ke samsat, jam 09.45 sampaj di samsat langsung ane menuju loket pengambilan berkas diloket nomer 3 dari pojok dilantai 2 gedung samsat jaksel setelah proses pengambilan berkas selesai kita proses langkah selanjutnya yaitu membayar pajak 5 tahunan motor dan balik nama dinloket pembayaran Bank DKI


Setelah membayara kita akan dapat sntk baru dan bukti pembayaran dr bank dki serta berkas untuk proses selanjutnya yaitu untuk perubahan nama BPKB.
Oia ini kan pajak 5 tahuanan kita akan ganti plat, syarat pengambilan plat kita tunjukan bukti pembayran pajak kta dr bank dki ke ruang tnk di sebelah kanan samsat.
Setelah proses pajak dan pengambilan stnk serta plat selesai kita lari ke gedung BPKB warna biru gedung yang berad tidak jauh dr samsat.
Berkas yang disiapkan antara lain:
Bpkb
Stnk baru
Ktp
Kwitansi pembelian.
Persayratan berkas sudah disiapkan mari ngantri di gedung bpkb untuk mendapatkan nomer antrian, setelah dapat nomer antrian kita serahkan berkas kita ke petugas untuk pengambilan formulir lagi hee tapi tenang disini kita tidak perlu isi formukir hanya di scan saja formulir sudah terisi tinggal nunggu print secara otomatis dari database samsat.
Formulir sudah dapat saatnya kita membayar ke Bank BRI untuk perubahan nama sebesar Rp.80.000 untuk motor dan Rp.100.000 untuk mobil,kebetulan ane pajak motor jadi kita yang Rp.80.000.
Melihat contoh untuk mengisi pembayaran via bank bri banyak contoh disana tinggal cotek dan serahkan ke teller bank untuk mendapatkan bukti pembayaran kita.

Setelah membayar di bank bri kita ngantri menunggu nomer antrian kita di panggil, jika nomer antrian di panggil kita datang ke loket sesuai nomer yang di panggil untuk menyerahkan berkas dan bukti pembayaran di bank bri, habis menyerahkan berkas dan bukti pembayran selesai deh proses pembayran pajak 5 tahunan, ganti plat dan balik nama bpkb.

Oia broo untuk proses pergantian balik nama setelah memberikan perkas dan bukti pembayaran di bank bri kita akan dapat bukti proses perubahan balik nama dari samsat dan ini kita di suruh bakik lagi untuk ngambil bkpb yang sudah jadi dengan nama kita biasnya proses ini menunggu 1 minggu,setelah ini baru semua kelar.
Demikian sedikit cerita ane mengenai bayar pajak 5 tahuanan sepeda motor dan balik nama bpkb, semoga membantu bagi bro bro yang mau pajak 5 tahuan dan balik nama.


Salam sengat 225



5 comments for "Cara Bayar Pajak 5 Tahunan dan Balik Nama BPKB Sepeda Motor"

  1. Bantu urus juga donk. Aku samsat DKI pingin mutasi ke dan BBN ke cianjur.

    ReplyDelete
  2. Bantu urus juga donk. Aku samsat DKI pingin mutasi ke dan BBN ke cianjur.

    ReplyDelete
  3. itu aj 3 hari ngurusnya cuti heeee, kalo sehari ane bantu deh teh.. udh urus aj sendiri sekalian ngopi ke rumah nanti

    ReplyDelete
  4. kalau mau balik nama dan bayar pajak tahunan harus pakai KTP pemilik nama atau tidak?

    ReplyDelete

Post a Comment