Langkah -langkah Mengganti Starter Assy Yamaha Scorpio (spul yamaha scorpio)

Hallo Brad

Kali ini ane mau sharing menegnai langkah-langlah penggantian Starter Assy Yamaha scorpio atau bahada tenarnya spur motor scorpio.

Apa sih spul itu?
Spul adalah penggerak arus dimana spul/genetor ini yang pertama menciptakan arus dan disalurkan ke perangkat lain seperti kiprok, busi, accu dkk.

Maka dari itu jika atau upama motor kalian menggalami redup atau kurang terang atau gimana bgtu masalah kelistrikan cek satu persatu dari accu, kiprok terakhir vital ia spul ini bgtu cara cek aliran arus motor setahu ane ia :D maaf jika tulisan ini kurang valid berikan masukan ia brad.

Sedikit cerita dulu ni mengapa ane mengganti spul motor yamaaha scorpio ane, awal mulanya adalah saat ane malakukan perjalanan atau rutinitas kerja ane merasa kurang srek ni pas dalam perjalanan motor sperti ngadat bgtu, ane gass kok larinya mlepet2 bgtu kayak asupan pertamaxnya kurang terus ane berhenti donk untuk cek dan padahal tangki masih melimpah pertamaxnya, semua udah ane cek ane jalan lagi untuk memastikan motor masih bisa dikendarai dan ditengah perjalanan kok merasa aneh lagi mlebet plus gigi 2 ke 3 gak ada lari sama sekali ane bingung dan bunyi cetarrrr bgtu cuma sekali terus ane berhenti donk untuk memastikan si kalajengking kenapa kok jadi bgni, ceke dan ricek masih ane gak nemuin sesuatu ane buka tangki barang x salah tutup tangkinya heee..akhirnya ane jalan lagi gasss braddd  walau tak bgty nyaman dengan motor ane dan sekian berapa menit ane sampai dikerjaan motor ane parkir dan ane mulai tuh konsultasi sama suhu pio di medsos dkk.

Detik menit jam berlalu waktunya balik kerja dan tidak disangka motor tdk bisa nyala ..laaaaaaa llaaaa yeeee.yeeeeeee..bingung dan bingung...langsung tlp suhu pio curhat ..ada yang bilang ngejam ane langsung beli tuh oli 2 liter sekalian ..dan mencoba mancing untuk menyalakan motor dengan memasukkan oli ke bagian busi al hasil bunyi cuma sekali terus matek meneh.. belerja keras untuk menyalakan motor dan al hasil nolll bradd..

Putuss asaaa ane balik brad dengan diantar oleh temen kantor ke rmh haaaa..
Jam meit detik berjalana akhirnya hari esok ane balik ke tempat lerja denga membawa bala kurawa buat stut motor ke bengkel langganan yaitu YSK brad.

Cek cek cek ternyata spul matek treetttt...langsung ganti tidak panjang lebarrr tagas ane ke pada om afid montir ciamik ysc.

Cerita sampai sini dan mari simak bagaimana cara mengganti spul yamaha scorpio.
Pertama:
Buka bak kiri yamaha scorpio kalian lepaskan berlahan bak tersebut.
Cek didalam ada sebuah bongkahan magnet yang melingkar2 nah itu namanya spul motor yamaha scorpio atau bahasa ingrianya starter assy.

Copot dengan cara lepas pengunci2nya secara berlahan lahan ia brad. Sekalian ganti packing jika perlu ..siapkan spul terbaru mahar yang harus dibayar kira2 430k an magnet orisinil yamaha scorpio.
Lakuakan pemasangan spul ke tempat seperti semula dengan mengkaitkan kabel sesuai uruatan dari dinama, arah kabel body dkk.

Setelah semua selesai pasang blok kiri yamaha scorpio dan taraaaa beresss brad.
Jadi untuk melakukan peegantian spul yamaha scorpio sangat mudah kan heee..tapi ane ke bengkel wkwkkwkwkwkwk maklum newbi ane.


Dibawah ini adalah sedikit gambar proses pemasangan mengganti Starter Assy Yamaha Scorpio ane:


Tampak Samping Kanan 

Tampak Samping kiri
Disini tempatnya Starter Assy brad
Dulu pada tanggal 25 April 2014 ane juga pernah ganti spul motor ane bisa baca disini ia brad Pergantian spul yamaha scorpio dengan Fukuyama , Jadi pergantian tahun 2014 itu sampai 2016 bulan Januari masa pemakain, lumayan 2 tahun heee. 

Sekian sharing x ini, jangan lupa follow IG ane broo @eugboni

No comments for "Langkah -langkah Mengganti Starter Assy Yamaha Scorpio (spul yamaha scorpio)"