Pendakian Gunung Gede Via Jalur Gunung Putri

Dalam pendakian gunung gede via gunung putri yang dilakukan oleh pihak kampus dan kebetulan ini perdana ikut pendakian rame-rame di Jakarta.

Dalam sebuah kegiatan perjalanan petualangan, Cariel merupakan salah satu unsur yang penting untuk diperhatikan, karena dengan ransel tersebut seluruh perlengkapan yang akan anda pergunakan akan kamu bawa. Oleh karenanya sebuah ransel haruslah nyaman untuk kamu pakai, dan dapat secara efisien menampung segala kebutuhan atau perlengkapan yang kamu butuhkan selama berkegiatan.

  • Kapasitas Cariel 
Pilih ukuran ransel sesuai kebutuhan kamu. Ransel untuk perjalanan sehari tentu berbeda ukurannya ketika kamu akan melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga beberapa hari. Lokasi dimana kegiatan akan dilakukan juga sangat mempengaruhi pertimbangan dalam hal memilih jenis ransel yang akan anda pergunakan.

Untuk perjalanan singkat satu hari ke hutan atau gunung, ransel berukuran 30-50 liter cukup memadai sebagai tempat untuk membawa perlengkapan kamu yang terbatas seperti kamera, tabir surya, makanan dan perlengkapan lainnya.

Untuk pendakian alpin atau perjalanan yang mengharuskan kamu menginap satu malam, ukuran 50-65 liter akan lebih baik, karena kamu harus membawa perlengkapan yang lebih banyak.

Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari ukuran 65-90 liter merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan kamu bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya.

Kenyamanan merupakan urutan terpenting dibanding kekuatan, kualitas, dan harga. Pilih bahan yang tahan air, kalau perlu lengkapi dengan penutup ransel. Jangan lupa membungkus perlengkapan/pakaian dengan bahan yang tidak tembus air. Perhatikan pula detil-detil di bawah ini ketika kamu memilih dan mencari ransel yang nyaman dan cocok dengan selera serta kebutuhan kamu:

Mendaki gunung merupakan olahraga dan hobi yang sangat memerlukan kesiapan mental , fisik, etika, pengetahuan dan ketrampilan. Oleh karenanya butuh persiapan yang matang untuk bisa mencapai puncak gunung dan tiba kembali di bawah dengan selamat.

Untuk perencanaan pendakian perlu dipersiapkan kemampuan untuk mengenali medan dan kemampuan fisik, perhatikan juga rute yang ditempuh secermat mungkin.

Perhatikan faktor cuaca dan juga mengenal jarak tempuh serta waktu yang di butuhkan untuk pendakian sampai puncak dan kembalinya.
Sedangkan peralatan dasar yang perlu dibawa adalah:
  • Perlengkapan jalan : sepatu , kaoskaki , celana , ikat pinggang , baju , topi , jas hujan dll
  • Perlengkapan tidur : sleeping bag , tenda dome , matras dll
  • Perlengkapan masak dan makan: kompor , sendok , makanan , korek dll
  • Perlengkapan pribadi : jarum , benang , obat pribadi , sikat , toilet paper dllRansel / carrier
  • Untuk perlengkapan pembantu selama perjalanan adalahKompas , senter , pisau pinggang , golok tebas , P3K, Peta , busur drajat ,pengaris , pensil dll
  • Alat komunikasi (Handy talky) , survival kit ,GPS kalo ada dan jam tanganSemua barang di susun menurut prioritas dan kebutuhannya:
  • Kelompokkan barang barang sesuai dengan jenis jenisnya
  • Masukkan dalam kantong plastik
  • Letakkan barang barang yang ringan dan jarang penggunananya (mis : Perlengkapan tidur) pada tas atau bagian yang paling dalam
  • Barang barang yang sering digunakan dan vital letakkan sedekat mungkin dengan tubuh dan mudah diambil
  • Tempatkan barang barang yang lebih berat setinggi dan sedekat mungkin dengan badan / punggung
  • Buat Checklist barang barang tersebut.

via putri


saya akan menampilkan foto-foto hasil pendakian saya ke gunung gede:

 olahraga sebelum nanjak ke gede dari alun2 surya kencana .
 Masih sama melakukan kegiatan pemanasan buat melingkar
 nampang dulu sebelum nanjak.ini kelompok saya xixii
 sama ini juga nampang tapi kalo ini kelompok lain.
 mulai penanjkkan smilee
 ketemu saya anak kecil tuh waktu pass naik ke puncak.wah hebatt anak kecill udah berani menyapa alam.
 Puncak,suasana galau bgt berkabut dan gerimis.
 untung masih bisa foto kawah ini
 ini ada lagii tebing dari atas puncak dan asap belerang keliatan tuh..keren kannn
 @kadang badak makan siankk









Untuk gambar di bawah air panas mantepp buat mandii ..air dr belerang puncak tadi ini.

untuk air terjun dan danau biru gak sempet foto hujan pluss capek.





No comments for "Pendakian Gunung Gede Via Jalur Gunung Putri"