Waktu Yang Tepat Jogging Atau Lari Santai Serta Manfaatnya

 


Assalamulaikum Wr. Wb.

Aktiftas jogging atau lari ini memang cukup populer dilakukan para warga ibukota dikala weekend. Lari atau jogging memang keliatan sederhana namun banyak manfaat untuk badan kamu.

Banyak mungkin dari kamu yang bertanya waktu yang tepat untuk melakukan olahraga satu ini kapan?  disini saya akan sharing perihal olahraga simple ini dan tentu gratis bisa di lakukan dimana saja.

Hal pertama yang perlu di perhatikan dalam olahraga jogging atau lari ini adalah sepatu karena ini penting untuk melindungi kaki kita saat lari untuk pakaian bisa menggunakan pakaian biasanya saja dulu yang terpenting adalah sepatu yang lain bisa menyusul. Setelah sepatu sudah kita punya maka langkah lanjutannya adalah tujuan dari pada lari itu sendiri serta bisa membuat jadwal rutin misal kalo kita kerja wajib hukumnya kamu lari sabtu dan minggu.

Setelah kamu memiliki alat pelengkap lari serta tujuan dan jadwal yang tersusun tentu untuk mengawali jogging juga penting banget kamu tahu, berikut beberapa yang diperhatikan sebelum kamu lari:

  • Lakukan pemanasan sebelum kamu lari
  • Kalo kamu mau makan usahakan kasih jeda minimal 40 menitan sebelum lari
  • Jangan minum juga mau lari usahakan kasih jeda 5 -10 menit
Langkah berikutnya adalah kamu bersiap untuk berlari, berikut beberapa yang perlu diperhatikan saat kamu jogging atau lari:
  • Pertama tadi sudah melakukan pemanasan
  • Dalam lari usahakan jangan buru -buru yang terpenting adalah ritme lari dirimu broo
  • Lakukan pengaturan napas saat berlari dengan baik 
  • Usahakan jangan berhenti saat kamu lari, misal kamu mutar taman sampai 10x putaran terus jika selesai berhenti slojorin badan dan minum itu tidak disarankan iaa, usahakan tetap lari dengan ritme diperpelan ini bermanfaat mengontrol aliran darah kita agar tetap normal.
  • Yang terakhir adalah melakukan peregangan, kalo pribadi misal terget muterin taman 10x kalo sudah tercapai diperpelan lari durasi 2-5 menit ini akan hilang capeknya kemudian capek hilang push up dll 
  • Dalam lari kamu wajib melakukan atau menentukan durasi, kalo pemula seperti saya pertama adalah 30 menit kemudian saya tambah lagi 10 menit dan sekarang sudah rajin minimal 1 jam
  • Dalam lari biasanya jika kamu lari normal dalam waktu 30 menit itu bisa meempuh jarak kurang lebih 5km namun kalo sudah keren bisa di waktu 20 menit. Yang terpenting itu adalah kontinu lari terus 
  • Waktu lari yang bagus adalah jam 06.00 - 09.000 dan sore habis ashar sampai mau magriba.
Tahap lanjutan yaitu mengenal apa saja manfaat dari olahraga lari yang kita jalanin, berikut beberapa manfaat yang kamu perolah jika rajin lari, rangkuman perihal manfaat ini refrensi dari Halodoc, berikut manfaat dari pada lari yang bisa kamu dapatkan:

1. Membakar kalori
Lari termasuk olahraga kardio yang dapat membakar kalori. Ketika kalori terbakar, otomatis ini akan mengurangi kalori di dalam tubuh. Ini akan berdampak pada penurunan berat badan dan metabolisme tubuh lebih baik.

2. Merilekskan pikiran
Banyak orang menyukai lari karena olahraga ini dapat merilekskan pikiran. Penulis kebangsaan Jepang, Haruki Murakami, pernah menulis buku berjudul What I Talk About When I Talk About Running, bagaimana lari dapat menghilangkan kebuntuannya dalam menulis, serta merangsang kreativitasnya. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jogging juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa demikian? Ketika berlari, otot tubuh terlatih untuk menjadi lebih kuat. Begitu juga dengan kemampuan pompa jantung dan sistem pernapasan. Inilah yang membuat mengapa aktivitas fisik ini dapat meningkatkan ketahanan fisik.

4. Tulang lebih kuat
Selain kekuatan dan daya tahan otot, jogging dapat memengaruhi kepadatan tulang.  Menurut studi dalam Journal of Exercise Rehabilitation, jogging dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. 

Jumlah mineral tulang yang terkandung di dalam tulang disebut kepadatan tulang. Memiliki kepadatan tulang yang tinggi akan meningkatkan kekuatan tulang.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Berlari dapat meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Ini termasuk meningkatkan produksi limfosit dan makrofag, yang menyerang zat asing dalam tubuh untuk melawan penyakit atau infeksi. 

Memperkuat sistem kekebalan tubuh mungkin tidak selalu mengurangi kemungkinan terserang pilek atau flu. Namun, lebih kepada waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari penyakit tersebut.

6. Kualitas tidur yang lebih baik
Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat tidur, tubuh mendapatkan waktu beristirahat dan memulihkan diri.

Endorfin yang dihasilkan dari jogging membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan. Ini merangsang otak untuk lebih rileks, sehingga tidur lebih berkualitas. 

7. Meningkatkan kesehatan mental
Latihan aerobik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mental dan mencegah timbulnya mood swing. Untuk masalah kesehatan mental seperti kesedihan dan kecemasan, berlari dapat membantu meringankan gejala kondisi tersebut.

Semoga artikel ini dapat memberikan motivasi untuk kamu yang ingin berolahraga, selaian aktifitas lain masih banyak kegiatan atau mode olahrgaa yang bisa kamu tekunin. selamat berolahraga broo.

No comments for "Waktu Yang Tepat Jogging Atau Lari Santai Serta Manfaatnya"