Suroan Tahun 2023 Sangat Spesial

 Asslamualaikum Wr. Wb.

Tahun ini poso suro spesial karena bertepatan dengan hari Jumat sehingga barokahnya juga meningkat menurut pribadi. Setiap ulan asuro insyallah saya pribadi poso 2 hari tanggal 9 dan 10 dan di tanggal 10 adus wengi kalo joro jowoni karena tahun anyar adus ben ilang dosane kabeh dari dalam dan luar. 

Pada dasarnya fadilah poso suro juga sudah memiliki manfaat, berikut saya kutip dari sumber lain:

Puasa Asyura pelebur dosa setahun

عَنْ أَبي قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيامِ يَوْمِ عَاشُوراءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ. (رواه مسلم) 

Artinya, “Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: sungguh Rasulullah saw bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: ‘Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’.” (HR Muslim)

Puasa tanggal 9 dan 11 pembeda dari Yahudi 

عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا مَرْفُوعًا: صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ، صُومُوا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ يَوْمًا بَعْدَهُ (رواه أحمد)

Artinya, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra dengan status marfu (Rasulullâh bersabda): ‘Puasalah kalian pada hari Asyura dan bedakan dengan kaum Yahudi, puasalah kalian sehari sebelum atau sesudahnya’.” (HR Ahmad)

Dari hadist diatas kita bisa bisa melaksanakan puasa selama 3 hari dari tanggal 9-11 kalo tidak bisa ia tanggal 9 dan 10 karena ini berkaitan dengan pembeda dari kaum Yahudi. Saya pribadi lebih ke tanggal 9 dan 10 kalo kuat saya malam 10 melek an dan mandi di sumber sebelum subuh sekitar jam 3 kalo waktu di kampung kalo tidak bisa juga mandi di rumah gpp. 

Hal -hal kita lakukan agar lebih adem adalah sedekah subuh habis sholat jamaah, deres setelah sholat subuh sampai jam 6 an kemudian bisa aktifitas di lanjut sholat dhuha, sedekah dengan cara membeli jualan saudara, tetangga sekitar lingkungan tinggal kita, menyisihkan rezeki untuk kemakmuran masjid alias ngamal, menjaga wudhu. insyllah dengan izin Panggeran kita bisa mengontrol pikiran dari perbuatan jahat.

No comments for "Suroan Tahun 2023 Sangat Spesial"